Mengenal Apa itu Payment Gateway dan Cara Kerjanya

Mengenal Apa itu Payment Gateway dan Cara Kerjanya - Finpay Mengenal Apa itu Payment Gateway dan Cara Kerjanya - Finpay

Jika beberapa dekade lalu Anda masih menggunakan uang fisik dalam transaksi, sekarang Anda tidak harus melakukan itu. Seiring canggihnya teknologi, Anda hanya perlu memanfaatkan payment gateway dalam sebuah transaksi. Berikut ini penjelasan mengenai payment gateway.

Yuk, Kenali Payment Gateway Lebih Dekat!

Secara garis besar, payment gateway adalah bentuk sistem transaksi yang memiliki tugas untuk mengotorisasi suatu proses transaksi melalui e-commerce. Saat bertransaksi online, kita tentu mengharapkan adanya proses pembayaran yang lebih mudah dan aman. Proses transaksi dalam teknologi payment gateway bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari transaksi kredit, debit, transfer bank, atau sistem pembayaran langsung jenis lain seperti: e-walletdirect debit, dan lain-lain.

Dengan teknologi internet, payment gateway dapat Anda aplikasikan untuk kegiatan berbelanja online dalam pasaran global. Teknologi payment gateway memungkinkan para produsen untuk menerima pembayaran dari penjuru dunia dengan mudah.

Salah satu hal yang cukup unik dari teknologi payment gateway adalah tidak hanya pihak bank saja yang dapat menyediakan sistem ini, tapi pihak non-bank dapat menyediakan sistem ini untuk memvalidasi dan mengotorisasi transaksi antara merchant dan konsumen.

Bagaimana Keamanan Teknologi Payment Gateway?

Mengenal Apa itu Payment Gateway dan Cara Kerjanya - Finpay

Photo by Tech Daily on Unsplash

Maraknya pembobolan dan peretasan data membuat masyarakat khawatir untuk bertransaksi online, tapi dengan keamanan berlapis yang diterapkan payment gateway Anda tidak perlu lagi ragu dan khawatir.

Berikut ini rincian sistem keamanan bertingkat dalam teknologi pembayaran payment gateway.

  • Address Verification System (AVS)

Sistem keamanan pertama yang ada dalam teknologi pembayaran online ini adalah sistem verifikasi alamat. Dalam sebuah transaksi, sistem keamanan AVS akan mencari dan memeriksa data terperinci seputar tagihan dalam transaksi yang diproses oleh konsumen. Pelacakan dan pemeriksaan ini menggunakan alamat yang tercantum dalam data kartu debit atau kredit yang terdaftar. Sehingga, saat terjadi sebuah peretasan, sistem akan segera mengetahuinya.

  • Card Security Code

Teknologi ini mengharuskan Anda untuk memasukkan kode keamanan dalam setiap transaksi pembayaran. Sistem secara otomatis meminta kode verifikasi yang valid sebagai bentuk keamanan setelah memasukkan nomor ketika melakukan transaksi, baik dalam kartu kredit atau kartu debit.

  • 3D Secure Password

3D password secure, sistem keamanan terakhir yang terdapat dalam teknologi payment gateway. Tool atau sistem yang satu ini berperan menjadi alat yang mengotorisasi setiap transaksi secara online yang konsumen lakukan.

Bagaimana Cara Kerja Sistem Teknologi Payment Gateway?

Payment gateway merupakan terobosan teknologi pembayaran via online yang canggih, tapi dengan sistem cara kerja yang praktis, cepat, dan sederhana. Beberapa tahapan cara kerja payment gateway, dapat Anda lihat pada penjelasan di bawah ini.

1. Konsumen Selesai Bertransaksi di Situs/aplikasi E-Commerce

Pada saat proses check out di sebuah situs atau aplikasi e-commerce, konsumen akan diarahkan ke laman yang memiliki berbagai metode pembayaran. Berbagai metode pembayaran inilah yang menggunakan sistem payment gateway, konsumen dapat memilih metode pembayaran sesuai keinginan. 

2. Informasi Transaksi Berjalan ke Payment Processor

Ketika pembayaran telah selesai dan terkonfirmasi oleh sistem, semua informasi dalam proses transaksi ini akan tercantum dalam payment gateway. Informasi transaksi yang ada dalam payment gateway dikirim ke payment processor milik bank yang konsumen pilih.

3. Pihak Bank Mengirim Balasan ke Payment Processor

Setelah bank memperoleh informasi transaksi konsumen dari payment processor, bank akan mengirim  respon ke payment processor. Respon berupa kode khusus yang berisi tentang berhasil atau tidaknya sebuah transaksi. Uniknya, saat data yang konsumen masukkan tidak sesuai atau terdeteksi ada kesalahan dalam pembayaran, maka sistem secara otomatis akan menggagalkan pembayaran.

4. Payment Gateway Menerima Pesan Transaksi dari Payment Processor

Langkah terakhir, payment gateway akan menerima pesan tentang status transaksi konsumen yang dikirim oleh payment processor. Pesan yang berisi status transaksi akan terkirim ke situs atau e-commerce dan menyelesaikan transaksi.

Manfaat Penggunaan Teknologi Payment Gateway

Kehadiran payment gateway membuat segala transaksi jadi lebih mudah. Berikut ini beberapa manfaat dari payment gateway dalam e-commerce.

  • Proses Transaksi Bisa Lebih Cepat

Proses transaksi penjual dan pembeli secara online berjalan lebih cepat. Anda dapat melakukan transfer di manapun dan kapanpun tanpa perlu antri di bank. Tak perlu menunggu lama sampai transaksi berhasil.

  • Meminimalisir Tindak Kejahatan

Dengan keamanan berlapis, dapat mencegah kejahatan siber terjadi. Kehadiran teknologi pembayaran yang satu ini juga bisa berguna untuk semua pihak yang terlibat dalam proses transaksi

  • Transfer dari Semua Jenis Rekening

Dengan payment gateway, perbedaan bank bukan lagi masalah. Penjual dan pembeli tidak perlu memiliki banyak rekening sekaligus untuk bisa bertransaksi menggunakan rekening yang sama.

Manfaat Payment Gateway untuk Penjual

Beberapa keuntungan yang bisa penjual rasakan dengan payment gateway adalah sebagai berikut:

  • Langsung Dapat Mengawasi Perkembangan Pembayaran

Penjual dapat mengetahui status pembayaran secara real time dan proses transaksi keuangan dapat terekam. Tak hanya itu, penjual bahkan bisa menyelesaikan lebih dari satu transaksi dalam satu hari tanpa harus pulang pergi ke bank untuk menerima pembayaran. Ini membuat proses transaksi juga menjadi lebih efisien dan cepat, sehingga meningkatkan kenyamanan bagi konsumen.

  • Keamanan Toko Online Terjamin

Transaksi fiktif oleh oknum yang tidak bertanggung jawab kerap terjadi dan berpotensi merugikan penjual. Pada payment gateway, proses transaksi real time dapat menghindarkan terjadinya transaksi fiktif ini.

  • Penjual Tidak Perlu Punya Banyak Rekening

Payment gateway membuat penjual di e-commerce tidak perlu memiliki banyak akun bank untuk menyesuaikan dengan pembeli. Hanya dengan satu rekening atau aplikasi, penjual bisa menerima dana dari pembeli yang memiliki jenis rekening bank berbeda.

Manfaat Payment Gateway untuk Konsumen

Berbagai manfaat payment gateway yang bisa konsumen rasakan adalah sebagai berikut:

  • Kemudahan Bertransaksi

Dengan payment gateway, konsumen akan semakin mudah dalam melakukan transaksi karena pembayaran dapat dilakukan kapanpun dan di manapun selama tersedia jaringan internet.

  • Tersedia Banyak Opsi Pembayaran

Anda bahkan memiliki kesempatan untuk melakukan transaksi melalui berbagai pilihan cara. Perbedaan nomor rekening tidak menjadi masalah karena pembayaran tetap terekam dan disalurkan ke bank milik penjual.

  • Pembeli Bisa Mengetahui Rincian Transaksi

Selain membuat proses pembayaran menjadi lebih mudah, payment gateway juga bisa membuat konsumen mengetahui berbagai informasi terkait rincian transaksi yang mereka lakukan.

Finpay Payment Gateway, Sistem Payment Gateway Terbaik di Indonesia

Mengenal Apa itu Payment Gateway dan Cara Kerjanya - Finpay

Photo by naipo.de on Unsplash

Bagi perusahaan/institusi yang memiliki portal sales, Finpay menyediakan solusi payment gateway untuk melayani pembayaran pelanggan secara digital yang terkoneksi dengan berbagai sumber dana seperti kartu kredit, debit online, e-money, Virtual Account bank, finpay kode bayar, dan lain-lain. 

Layanan Finpay Payment Gateway

Finpay Payment Gateway memiliki berbagai layanan seperti:

1. Payment Gateway (Host to Host)

Merupakan sebuah solusi Landing page pembayaran online yang berisi berbagai metode pembayaran yang bisa mendukung pembayaran online di situs/aplikasi mitra.

2. Finpay Link dan Finpay Invoice

Finpay Link adalah link pembayaran yang berisi berbagai metode pembayaran dan bisa mensupport pembayaran online di media sosial/ messaging. Sedangkan Finpay Invoice adalah invoice elektronik yang berisi berbagai metode pembayaran dan bisa dikirim secara elektronik ke pelanggan melalui email/SMS

3. QRIS 

Merupakan fitur layanan pembayaran digital melalui aplikasi uang elektronik server based dan dompet elektronik yang terintegrasi dengan GPN

4. Acquiring

Merupakan sebuah solusi kerjasama untuk dapat menerima dan memproses transaksi pembayaran dengan Kartu Kredit maupun Kartu Debit berdasarkan lisensi dari VISA International atau MasterCard International.

Penutup

Payment gateway merupakan salah satu teknologi yang sangat penting dalam sebuah transaksi secara online. Selain lebih efisien, teknologi ini membuat proses transaksi lebih aman. 

Baca Juga : 8 Manfaat Menggunakan Layanan Payment Gateway Indonesia